Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WOW!!! Ditangan Orang Kreatif, Sampah Plastik Bisa jadi Lukisan Bernilai Tinggi



Berawal Dari Keprihatinan Semakin Banyaknya Sampah Plastik

 


MoeriaSiapa sangka dari sampah yang tidak ternilai harganya, namun di tangan orang kreatif, bisa menjadi barang yang punya nilai ekomi tinggi.

Kalian mungkin sebelumnya tak pernah membayangkan ada sebuah lukisan yang terbuat dari limbah plastik? Padahal di tangan Jafar Labib, sampah yang sulit diurai oleh tanah itu bisa menjadi lukisan yang artistik.

Warga Desa Jepat Lor, Kecamatan Tayu, Pati ini memang sudah terkenal di daerahnya sana. Apalagi, konsumennya juga tidak hanya dari Pati saja. Bahkan dari luar jawa juga banyak. Keren bukan?

Untuk harga, ia memang tidak membandrol secara khusus. Sebab, harga lukisan tersebut tergantung tingkat kesulitannya. Namun tetap murah, kok. Yakni hanya berkisar Rp 200 ribu sampai Rp 500 ribu rupiah. Murah banget kan?

Awalnya, Saat itu, sekitar tahun 2015, ia merasa prihatin terkait semakin banyaknya limbah plastik di lingkungannya. Dari situ, ia kemudian iseng-iseng menciptakan lukisan dari bahan yang mudah didapatkan tersebut.

Ia kemudian mengais sampah-sampah tersebut dan dibedakan menurut warnanya. Setelah itu, ia potong kecil memanjang, yang kemudian dianyam.

Nah, dari anyaman inilah ia kemudian menciptakan berbagai lukisan, baik itu wajah seseorang, atau lukisan lainnya.

Lantaran kerumitannya dalam merangkai, dalam sekali lukisan, ia membutuhkan waktu minimal tiga hari, tergantung tingkat kesulitan lukisan. Bahkan, dalam satu lukisan, ia rata-rata membutuhkan 100 kantong plastik.

Bagaimana? Tertarik untuk memiliki lukisan dari plastik bekas yang indah ini?