Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sering Makan di Luar? Setelah ini, Kamu Harus Pikirkan Ulang Kebiasaan Itu





Moeria - Semakin menjamurnya rumah makan, cafe, atau pun tempat nongkrong, ternyata berpengaruh terhadap kebiasaan makan seseorang. Selain perilaku konsumtif yang terus meningkat, makan di luar rumah juga ternyata tidak baik.

Padahal, dalam banyak penelitian, makan bersama keluarga di rumah, ternyata punya banyak sekali manfaat. Baik itu segi jasmani maupun rohani.

Ini manfaat-manfaat makan bersama keluarga yang perlu anda catat:

Kesehatan Terjamin


Urusan kuliner tak bisa luput dari masalah kesehatan. Karena dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal pediatrics.aappublications.org, makan bersama keluarga ternyata jauh lebih sehat daripada makan di luar rumah, dalam arti di rumah makan atau tempat lainnya.

Pengaruhnya bisa berasal dari makanan rumahan yang tentunya lebih terjamin kebersihannya.

Saat orang lebih sering makan masakan rumah, ia akan mengonsumsi gula, lemak dan karbohidrat, lebih sedikit dibandingkan yang tidak.

Mempererat Ikatan Keluarga


Selain manfaat kesehatan, makan bersama keluarga juga bisa mempererat hubungan keluarga. Pasalnya saat makan itu, semua anggota akan berkumpul untuk berbagi cerita, keluh kesah, dan tentunya akan saling memberi dukungan.

Nah bagi yang punya anak perempuan, aktivitas memasak juga akan mendekatkan dan membuat kompak ikatan anak dan ibu.

Karena dalam memasak itu, seorang anak akan dilibatkan mulai dari merencanakan sajian yang akan dimasak, memilih bahan, sampai dengan pengolahan bahan yang ada dan siap santap.