Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WADUH!!! Generasi Milenial Paling Rentan Jadi Pengangguran





MoeriaUrusan pekerjaan merupakan poin paling penting dalam kehidupan. Karena faktanya, lewat itulah, manusia bisa bertahan hidup.

Masalahnya, memilih profesi yang cocok, bukanlah hal yang mudah. Apalagi, dengan berbagai macam pekerjaan yang terus berkembang, setiap individu dipaksa untuk menyesuaikan diri dengan jenis-jenis tempat menceri rezeki yang ada.

Belum lagi, masalah pendidikan yang bisa menjadi salah satu jalan mencari tempat menggantungkan penghasilan.

Salah Pilih Jurusan


Berbicara mengenai pendidikan, banyak pelajar terutama di perguruan tinggi maupun di sekolah kejuruan (SMK) yang kemudian terjebak dengan tingkat kepopuleran suatu jurusan.

Imbasnya, ada pekerjaan-pekerjaan di bidang tertentu yang peminatnya membludak. Sehingga, angka pengangguran kemudian terus meningkat, karena disinyalir, mereka salah jurusan.

Jika ini dibiarkan terus menerus, kemungkinan, generasi milenial akan menjadi penyumbang angka tertinggi pengangguran di Indonesia, hanya gara-gara pendidikan saja. Itu belum termasuk faktor lainnya, lho.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS), 2016 lalu, tingkat pengangguran sarjana di Indonesia meningkat jadi 6,22 persen dari 5,34 persen di 2015. Angka tersebut tentunya naik begitu tinggi.

Realita ini, jika diruntut akan mengerucut pada generasi milenial Indonesia, yang cenderung idealis ketika mencari pekerjaan.

Perlu Diarahkan


Belum lagi, era dunia digital yang sangat mempengaruhi perilaku generasi ini. Sehingga jika mereka dibiarkan tanpa arahan, takutnya, hidupnya malah berantakan.

Maka dari itu, dukungan dari semua pihak sangat diperlukan sekali. Dukungan ini, baik berupa moril maupun mengarahkan untuk memilih pendidikan terbaik untuk masa depannya.

Tak hanya itu, arahan ini juga bisa memaksimalkan bakat dan potensinya agar bisa terus berkembang. Jadi, nantinya, pekerjaan impian akan mudah didapatkan.