Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HEBAT!!! Bocah ini Ciptakan Listrik Dari Pohon Kedondong



MoeriaDunia kanak-kanak yang banyak dimanfaatkan untuk bermain, ternyata tidak pernah melenakan Naufal Razik untuk berhenti belajar. Pemuda yang baru berumur 15 tahun ini, bahkan sudah menggegerkan Indonesia bahkan dunia, lewat penemuannya dalam dunia kelistrikan.

Ya, penemuan listrik dari pohonkedondong yang dikembangkannya ini mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari PT Pertamina. Tak hanya itu, perusahaan energi plat merah itu berkomitmen memberikan beasiswa kepada pemuda asal Desa Tampor Paloh, Kecamanatan SimpangJernih, Aceh itu, untuk sekolah setinggi-tingginya.

Berawal Dari Akses Listrik yang Sulit


Pengalaman sulitnya mendapatkan akses listrik yang memadai, membuat Naufal kecil suka bereksperimen menciptakan alisran listrik dari pelajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang sudah dipejarinya sejak masih di Sekolah Dasar (SD).

Waktu itu, pertama kali ia melakukan percobaan pada kentang yang mengandung asam dan dapat menghantarkan listrik. Nah, dari uji coba itu, ia berpikiran jika pohon dari buah yang mempunya kadar asam cukup tinggi, pastilah mampu menghasilkann listrik.

Setelah mencoba di beberapa pohon, seperti pohon mangga, ia pun menjatuhkan pilihan pada pohon kedondong. Hasilnya, pohon tersebut ternyata cukup efektif menghantarkan listrik.

Karena minimnya peralatan, pohon listrik Naufal ini memang belum bisa mengalirkan listrik secara maksimal. Tapi ia sudah bekerjasama dengan Pertamina untuk mengembangkan temuannya tersebut.