Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Salah Posisi Tidur Ternyata Bukan Penyebab Satu-satunya Sakit Leher





MoeriaSakit di bagian leher bisa jadi keluhan yang dialami oleh setiap orang. Kadang, mereka menyalahkan posisi tidur yang tidak pas, sebagai penyebab utamanya. Padahal, sebenarnya ada kebiasaan-kebiasaan buruk lain, yang jadi pemicu persendian di leher menjadi ngilu dan nyeri.

Disadari atau tidak, aktifitas berikut ini merupakan beberapa penyebab adanya nyeri pada leher:

Sering Main Gadget


Gadget atau gawai memang sudah menjadi kebutuhan paling utama semua orang. Tapi perlu diketahui, seringnya bermain gawai ini, ternyata menjadi penyebab sakit pada leher.

Pada saat anda main gawai, posisi kepala pasti akan menunduk ke bawah. Nah, jika kegiatan ini dilakukan selama berjam-jam tiap hari, leher akan menjadi sakit, karena posisi tulang leher bagian bawah akan bekerja dengan ekstra untuk menumpu berat kepala.

Posisi menunduk ini juga menyebabkan punggung sakit. Karena otot punggung bagian atas harus mengimbangi gerakan kepala.

Salah Posisi Tidur


Inilah yang sering dijadikan alasan leher sakit. Makanya, jika ingin menghindarinya, usahakan posisi tidur dalam keadaan terlentang. Dalam posisi ini, kepala, leher dan punggung dalam keadaan lurus, sehingga meminimalkan sakit di bagian leher.

Stres Berat


Saat sedang stres, otot-otot akan tegang yang menjadikan rasa sakit di bagian leher lebih terasa. Makanya, sebisa mungkin hindari stress yang berkepanjangan.

Membawa Terlalu Banyak Barang di Tas


Kebiasaan membawa barang terlalu banyak di dalam tas juga bisa jadi salah satu penyebab sakit di bagian leher. Apalagi untuk para wanita yang sering menggunakan tas selempang. Dalam tas jenis ini, salah satu bahu akan bekerja dengan ekstra, sehingga posisi tubuh jadi tidak seimbang.

Terlalu Memforsir Tenaga Saat Gym


Banyak orang yang tidak sadar, aktifitas gym ternyata juga bisa jadi salah satu penyebab sakit leher. Pasalnya ada sebagian orang yang terlalu memforsir tenaganya, hanya untuk memperoleh bentuk tubuh yang diinginkan.

Maka dari itu, peregangan bahu sebelum berolahraga dapat membantu ketegangan otot akibat kelebihan tekanan ini.