Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sayangi Nyawamu, Ini yang Harus Dilakukan Sebelum Berkendara Saat Hujan



                                Moeria – Musim hujan yang mulai menggantikan kemaru, kadang kala membuat para pengguna kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor cukup was-was. Pasalnya, di musim ini, angka kecelakaan di jalan raya terbilang cukup tinggi.

Kecenderungan meningkatnya angka kecelakaan ini, lantaran, saat hujan, fokus dan konsentrasi berkendara menjadi lemah. Selain itu, fisik juga cepat capek.

Belum lagi jika harus melintasi genangan yang cukup tinggi, maka, anda harus siap-siap menghadapi kenyataan, motor anda akan mogok.

Nah, sebagai persiapan mengarungi musim hujan, Tim Redaksi Moeria telah menyiapkan tips-tips berkendara yang aman saat musim hujan.

Jangan Bermanuver


Perlu diingat, saat hujan, kondisi jalan pasti akan sangat licin. Maka sebisa mungkin jangan bermanuver terlalu berani untuk menembus hujan.

Saat berada di tikungan, kurangi kecepatan jauh-jauh sebelum tikungan. Jangan sampai melakukan pengereman mendadak, karena hal tersebut sangat membahayakan nyawamu.

Cek Kondisi Ban


Hal paling mudah untuk mengecek kondisi ban adalah meneliti tapaknya. Jika ban sudah gundul, usahakan sesegera mungkin menggantinya dengan yang baru. Tapi jika belum ada ongkos, jangan pernah mengendarai motor melebihi kecepatan 60 km/detik.

Perhatikan Keadaan Rantai


Sering-sering melumasi rantai dengan pelumas khusus anti karat, karena saat terkena air hujan, rantai cepat berkarat dan rusak. Jadi usahakan selalu cek pelumas rantai.

Tak hanya itu, saat hujan, beban rantai juga cenderung lebih berat. Sehingga, perpindahan gigi akan lebih sulit.

Periksa Lampu Kendaraan


Saat hujan, jarak pandang setiap pengendara pasti akan sangat berkurang, makanya, fungsi lampu kendaraan menjadi penting untuk menerangi jalan, dan sebagai tanda bagi pengendara lain.

Pastikan semua lampu dalam keadaan normal, jika lampu kurang terang, ganti dengan lampu baru, agar kamu bisa berkendara dengan aman dan nyaman.