Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Alasan Waktu Olahraga Terbaik Adalah Pagi


Waktu Olahraga Terbaik Adalah Pagi
Harian PatiOlahraga merupakan salah satu kebutuhan hidup, agar tubuh bisa selalu bugar. Namun tak jarang, banyak orang mengabaikan kebiasaan hidup sehat ini. Bahkan, banyak masyarakat yang berolahraga, tapi tidak di waktu yang tepat.

Padahal, jika mereka bisa mengolah tubuh di waktu yang tepat, target kebugaran tubuh yang diinginkan bisa tercapai dengan cepat.

Menurut Personal Trainer KeithMcNiven dari Right Path Fitness di London, mengatakan, waktu terbaik dalam berolahraga ternyata ada di pagi hari.

Berikut lima alasan olahraga pagi punya manfaat yang besar:

Kuatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sinar matahari pagi hari yang mempunyai kandungan Vitamin D, tentu sangat bagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Karena Vitamin D yang didapat dari sinar matahari sebelum pukul 09.00 WIB pagi, akan diolah tubuh menjadi antibodi yang berguna untuk menangkal berbagai penyakit.

Tingkatkan Kecerdasan Otak

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Nihon Fukushi University di Handa, Jepang, olahraga pagi ternyata bisa meningkatkan kemampuan otak. Orang yang rutin berolahraga di pagi hari memiliki intelektualitas yang tinggi, daripada yang tidak.

Sehatkan Jantung

Olahraga pagi juga dapat meningkatkan detak jantung, yang berfungsi untuk menjaga fungsinya agar tetap berjalan normal. Jika ini dilakukan rutin setiap hari, tentunya, kesehatan jantungmu akan terus terjaga dengan baik.


Lebih Cepat Bentuk Otot

Usaha kerasmu untuk membentuk tubuh tak kunjung ada hasil? Mungkin kamu harus mencoba berolahraga di pagi hari. Mengapa? Karena olahraga di pagi hari lebih cepat membantu pembentukan otot.

Beberapa penelitian menyebutkan, hormon vital, seperti testosteron yang membangun massa otot bekerja lebih tinggi di pagi hari, dan akan menurun jelang siang hari sampai malam.

Cegah Penyakit Alzheimer

Ada fakta mengejutkan dari sebuah penelitian di University of South Carolina, bahwasanya, treadmill dan jogging di pagi hari bisa menghindarkan dari penyakit Alzheimer. Soalnya, olahraga pagi mampu meningkatkan kekuatan otak dan membuat otot lebih tahan terhadap kelelahan.