Kanker Memang Sulit Diobati, Tapi 4 Makanan Ini Bisa Mencegahnya


Kanker Memang Sulit Diobati, Tapi 4 Makanan Ini Bisa Mencegahnya
Harian PatiSampai saat ini, penyakit kanker masih menjadi momok menakutkan bagi setiap orang. Pasalnya, dunia kedokteran belum menemukan obat untuk menyembuhkan penyakit mematikan itu.

Tapi, jika anda terbiasa hidup sehat dan makan makanan yang bergizi, tentunya resiko terkena kanker bisa ditekan sedini mungkin

Bahkan, seorang spesialis nutrisi onkologi, Alexandra Rothwell, RD, CDN menyarankan agar mengkonsumsi makanan yang bisa membantu menjaga kadar gula darah dan inflamasi, untuk mencegah kanker.

Berikut ini, empat makanan yang dianjurkan Rothwell, untuk sering dikonsumsi

Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran menempati posisi tertinggi daftar makanan yang harus dikonsumsi untuk mencegah kanker. Lantaran, kandungan serat pada buah dan sayur bisa memberikan keuntungan tambahan untuk memperkecil resiko kanker.

Rothwell kemudian merekomendasikan untuk mengonsumsi sayur silangan (brokoli, kubis, dan kembang kol), bawang bombay, leek, dan bawang putih, serta jamur dari Asia (shiitake, Chinese black, dan oyster).

Sedangkan untuk buah-buahan, dianjurkan yang mengandung rendah gula, seperti keluarga beri (Stroberi, raspberry dan blackberry), alpukat, semangka, dan lain-lain.

Ikan

Daftar berikutnya adalah mengkonsumsi ikan. Namun, Rothwell lebih menyarankan untuk memakan Salmon, sarden dan makarel. Karena ketiga ikan ini merupakan sumber yang sangat baik akan asam lemak omega-3, yang terbukti bisa mencegah kanker.


Kedelai

Rothwell mengakui, kedelai bisa menjadi bagian dari gaya hidup sehat tanpa khawatir akan risiko kena kanker payudara.

Makanan yang berasal dari kedelai, seperti tahu dan tempe, tentunya sudah menjadi bagian hidup banyak orang di Indonesia. Jadi akan sangat mudah sekali ditemukan.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang punya segudang manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama untuk menjaga tubuh dari serangan sel kanker.

Ini dikuatkan dengan sebuah studi yang menemukan fakta, saat seseorang mengkonsumsi empat sendok makan minyak zaitun, bisa menurunkan resiko kanker payudara hingga 68 persen.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel