Cukup Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari untuk Dapatkan Tubuh Sehat


Cukup Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari untuk Dapatkan Tubuh Sehat
Harian PatiPerkembangan moda transportasi yang sedemikian pesat, sebenarnya membuat kebiasaan hidup sehat banyak orang terganggu. Mengingat, orang cenderung mengunakan kendaraan daripada berjalan kaki, meskipun itu hanya untuk bepergian dalam jarak dekat.

Padahal, kebiasaan jalan kaki ini merupakan cara paling murah dan mudah untuk menjaga kondisi tubuh. Karena tidak banyak yang tahu, dengan berjalan minimal 30 menit sehari, punya manfaat yang sangat luar biasa bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat dari Jogging:

Tingkatkan Sirkulasi Darah


Saat berjalan kaki, seseorang akan meningkatkan kinerja jantung, yang efeknya akan memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Jika sirkulasi darah ini lancar, tentunya bisa membuat tekanan dalam tubuh menjadi normal. Selain itu juga bisa menurunkan kolesterol jahat, dan meningkatkan kolesterol baik.

Memperkuat Tulang


Aktivitas jalan kaki juga bisa memperkuat tulang. Bahkan, akan lebih baik jika jalan kaki ini dilakukan setiap pagi. Sehingga, kandungan vitamin D3 yang ada dalam sinar matahari dapat meningkatkan tulang.

Lebih lanjut, dengan berjalan, seseorang juga mendorong tubuh lebih efektif menyerapan kalsium. Selain juga bisa menjaga cairan di persendian agar tidak kering.

Mencegah Alzheimer


Pikun atau menurunya fungsi otak pada orang lanjut usia (lansia), sebenarnya bisa diantisipasi sejak dini. Salah satu yang paling mudah adalah jalan kaki. Pasalnya, aktivitas tersebut ternyata bisa meningkatkan fungsi otak dan aktivitas sel otak.

Memperkuat Kekebalan Tubuh


Manfaat selanjutnya adalah bisa memperkuat kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih. Bayangkan jika kemampuan sistem imun tubuh ini berkurang, tentu seseorang akan mudah sakit.

Tingkatkan Metabolisme Tubuh


Dengan berjalan minimal 30 menit sehari, seseorang juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Lantaran, berjalan terbukti meningkatkan sistem pencernaan dan membantu perut mengeluarkan lebih banyak cairan pencernaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel