Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kurang Peminat, Pendaftaran CPNS Bawaslu di perpanjang

Foto Instagram Bawaslu

Harian Pati - Nasional. Walaupun CPNS termasuk salah satu primadona sebagai pekerjaan yang dianggap dapat menaikan taraf hidup, ternyata banyak lowongan CPNS di Bawaslu yang sepi peminat. Selain itu ada Ratusan formasi CPNS Bawaslu 2024 yang masih belum ada pendaftar. 

Pada tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) membuka 201 formasi CPNS untuk berbagai posisi strategis. Formasi ini meliputi berbagai posisi, seperti hukum, administrasi, pengawasan pemilu dan teknologi informasi. Semua posisi yang tersebut merupakan pos-pos esensial yang ditawarkan untuk memperkuat kinerja Bawaslu dalam mengawal proses demokrasi di Indonesia. 

Akan tetapi, hingga saat ini beberapa formasi masih belum ada pendaftara, sehingga ada kekhawatiran pos-pos tersebut tidak akan terisi. Situasi ini cukup mengherankan, mengingat Bawaslu merupakan salah satu lembaga negara yang berperan penting dalam menjaga integritas pemilu. Sehingga pemerintah memperpanjang masa pendaftaran sampai tanggal 10 September 2024

Tidak boleh mendaftar PPPK dan CPNS Secara Bersamaan.

Dari penelusuran tim Redaksi Harian Pati, sepinya minat masyarakat terhadap Formasi CPNS dibeberapa Instansi baik itu Nasional atau Daerah disebabkan kekawatiran para pendaftar yang sudah terdata data base sebagai calon PPPK (P3K) tidak bisa Mendaftar di CPNS bagi honorer karena harus memilih salah satu.

Pelamar yang melamar lebih dari satu instansi dan satu jabatan dalam satu periode seleksi/tahun anggaran, akan mendapat sanksi sesuai yang dengan peraturan yang berlaku.

Hal ini sesuai dengan amanat Pasal 25 ayat Peraturan Menteri PANRB Nomor 6 Tahun 2024:

Ayat (3) Pelamar hanya dapat melamar pada 1 (satu) jenis pengadaan ASN yaitu:

a. PNS; atau

b. PPPK,

pada tahun anggaran yang sama.

Ayat(4) Pelamar sebagaimana dimaksud pada ayat (3) hanya dapat melamar pada 1 (satu) instansi dan 1 (satu) jenis Jabatan dalam 1 (satu) periode tahun anggaran.

Ayat (5) Dalam hal pelamar sebagaimana dimaksud pada ayat (3) diketahui melamar:

a. lebih dari 1 (satu) instansi dan/atau jenis pengadaan dan/atau 1 (satu) jenis Jabatan; atau

b. menggunakan 2 (dua) nomor identitas kependudukan yang berbeda, yang bersangkutan dianggap gugur dan/atau dapat dikenakan sanksi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Namun, ada aturan khusus terkait pendaftaran PPPK 2024 yang perlu diperhatikan:

Jika PPPK melamar pada lowongan jenis pengadaan PNS (CPNS) atau PPPK, wajib memenuhi Masa Perjanjian Kerja minimal satu tahun dan telah mendapatkan persetujuan dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) atau Pejabat yang Berwenang

Oleh karena itu, penting bagi para calon peserta untuk mendapatkan informasi yang akurat dan mendalam mengenai formasi yang tersedia, persyaratan, serta peluang karier yang dapat diambil. Pendaftaran CPNS di Bawaslu tidak hanya menawarkan stabilitas pekerjaan, tetapi juga kesempatan untuk berkontribusi langsung dalam menjaga kualitas demokrasi di Indonesia.

Dengan lebih memahami formasi yang tersedia, diharapkan akan lebih banyak calon yang tertarik untuk berpartisipasi dalam seleksi ini, sehingga semua formasi dapat terisi dengan kandidat yang berkualitas (Kelik/Zie)