Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puluhan Rumah dan Ruko DAS Juwana Rusak Akibat Tanah Geser

Beberapa Bangunan di dukuh guyangan yang rusak akibat tanah gerak

Harian Pati - Pati, Puluhan ruko dan rumah yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Juwana mengalami kerusakan akibat pergerakan tanah (Tanah Gerak).Kejadian tersebut dialami oleh Warga Desa Purworejo, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Pada Sabtu (7/9).

Dari pantauan Harian Pati di Lokasi, ada satu ruko dan dua rumah tinggal yang kondisinya paling parah dengan tembok yang mengalami retakan di beberapa titik yang menyebabkan bangunan menjadi miring dan hampir rubuh.

warga memasang pembatas di kedua lokasi tersebut agar warga tidak masuk ke lokasi yang ditakutkan terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Selain menyebabkan kerusakan pada bangunan, pergeseran tanah tersebut juga membuat retakan pada tanah 20-50 cm yang menyebabkan talut pinggir sungai miring hingga 45 derajat.

Kerugianmencapai 1,8 Miliar

Dwi Sumaryono, Kepala Desa Purworejo kepada Harian Pati mengatakan bahwa pergerakan tanah di Daerah Aliran Sungai(DAS) Juwana terjadi mulai Sabtu Sore yang berdampak pada 21 rumah dan ruko sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS).

"Setelah melakukan pendataan, Kami memperkirakan kerugian sekitar 1,8 miliar, dan mungkin bisa bertambah," Ungkapnya. (Liz/Dis)