Cara Melihat Password WiFi di Windows 11

Harianpati.com – Pernahkah Anda mengalami masalah ketika ingin terhubung ke jaringan WiFi tetapi lupa dengan passwordnya? Atau mungkin Anda baru saja membeli laptop baru dengan sistem operasi Windows 11 dan tidak tahu cara melihat password WiFi yang sudah tersimpan? Jangan khawatir, artikel ini akan membahas cara melihat password WiFi di Windows 11 dengan mudah.

Namun sebelum kita memulai, penting untuk diingat bahwa Anda hanya boleh mencoba cara ini pada jaringan WiFi yang telah disimpan pada perangkat Windows 11 Anda. Jangan mencoba untuk memasuki jaringan WiFi milik orang lain tanpa izin, karena hal tersebut merupakan tindakan ilegal dan bisa merugikan orang lain.

Dengan begitu, mari kita mulai dengan cara melihat password WiFi di Windows 11.

Cara 1: Melihat Password WiFi di Pengaturan Windows

Cara pertama untuk melihat password WiFi di Windows 11 adalah dengan menggunakan pengaturan Windows. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka menu “Start” dan klik pada ikon “Pengaturan” (ikon roda gigi).
  • Pada jendela “Pengaturan”, klik pada opsi “Jaringan & Internet”.
  • Pada menu “Jaringan & Internet”, klik pada opsi “WiFi”.
  • Klik pada jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya.
  • Setelah jendela “Informasi jaringan” terbuka, klik pada opsi “Tampilkan”.
  • Anda akan diminta untuk memasukkan kredensial akun administrator. Masukkan username dan password akun administrator, dan klik pada tombol “Ya” jika diminta ijin oleh sistem.
  • Setelah itu, Anda akan melihat password WiFi di bawah opsi “Kata sandi jaringan”.

Cara 2: Menggunakan Command Prompt

Cara kedua untuk melihat password WiFi di Windows 11 adalah dengan menggunakan Command Prompt. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol “Windows” dan “R” pada keyboard, kemudian ketik “cmd” dan tekan tombol “Enter”.
  • Ketik perintah “netsh wlan show profile” dan tekan tombol “Enter”.
  • Pilih jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya, kemudian ketik perintah “netsh wlan show profile [nama jaringan] key=clear” dan tekan tombol “Enter”.
  • Anda akan melihat password WiFi di bawah opsi “Key Content”.
Baca Juga:  Cara Mengubah Video ke MP3 Tanpa Aplikasi: Tutorial Praktis

Cara 3: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara ketiga untuk melihat password WiFi di Windows 11 adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk melihat password WiFi, seperti WiFi Password Revealer atau WirelessKeyView. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Download dan instal aplikasi yang ingin Anda gunakan.
  • Buka aplikasi tersebut dan tunggu hingga aplikasi menemukan semua jaringan WiFi yang tersimpan pada perangkat Windows 11 Anda.
  • Pilih jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya.
  • Anda akan melihat password WiFi di bawah opsi “Password” atau “Key”.

Tips: Selalu Gunakan Password WiFi yang Kuat

Sekarang Anda sudah tahu cara melihat password WiFi di Windows 11 dengan mudah, tapi sebelum itu, penting untuk diingat bahwa penggunaan password WiFi yang kuat sangat penting untuk menjaga keamanan jaringan Anda. Ini juga dapat membantu mencegah orang yang tidak diinginkan terhubung ke jaringan Anda dan mengakses informasi pribadi Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat password WiFi yang kuat:

  • Gunakan kombinasi karakter yang berbeda. Buat password Anda dengan mengombinasikan huruf besar dan kecil, angka, dan karakter khusus seperti tanda titik atau simbol.
  • Buat password yang panjang. Semakin panjang password Anda, semakin sulit untuk ditebak.
  • Jangan gunakan informasi pribadi. Hindari menggunakan informasi pribadi seperti nama Anda atau tanggal lahir sebagai bagian dari password Anda.
  • Ubah password WiFi secara berkala. Untuk memastikan keamanan jaringan Anda, pastikan untuk mengubah password WiFi secara teratur.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat membuat password WiFi yang kuat dan menjaga jaringan Anda tetap aman dari orang yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Melihat password WiFi di Windows 11 sangatlah mudah. Anda dapat menggunakan pengaturan Windows, Command Prompt, atau aplikasi pihak ketiga untuk melihat password WiFi yang tersimpan pada perangkat Windows 11 Anda. Namun, selalu diingat untuk hanya mencoba cara ini pada jaringan WiFi yang telah disimpan pada perangkat Windows 11 Anda. Hindari mencoba untuk memasuki jaringan WiFi milik orang lain tanpa izin.

Baca Juga:  Cara Menghitung Hari Jadian Pacaran yang Mudah dan Akurat

Terakhir, pastikan untuk selalu menggunakan password WiFi yang kuat untuk menjaga keamanan jaringan Anda. Dengan mengikuti tips yang disebutkan di atas, Anda dapat membuat password WiFi yang kuat dan menjaga jaringan Anda tetap aman dari orang yang tidak diinginkan.

Leave a Comment